Ingin Cafemu Ramai....? Terapkan Hal Berikut Ini

Ngafe telah menjadi sebuah lifestyle bagi kawula muda dikala ini. Ingin ngumpul untuk sekadar berbicara dengan teman, ataupun melakukan tugas golongan, kebanyakan orang pasti mencari sebuah kafe sebagai daerah bertemu.

Meskipun demikian, tidak berarti tiap restoran yang buka akan ramai digandrungi pengunjung. Riilnya, banyak kafe yang akibatnya gulung tikar disaat beberapa kafe lainnya yang terus-terusan diramaikan pengunjung.

Kau sendiri juga pasti punya preferensi resto favoritmu bukan? Pernah terpikir untuk membuka restoran kau sendiri?

Nah, kali ini saya akan mencoba mengupas 5 alasan utama mengapa sebuah cafe  bisa digandrungi banyak pelanggan. Yuk, kita simak bersama!

1. Hospitality and Service

 


Mungkin banyak orang yang masih tak sadar atau lupa bahwa industri food and beverages termasuk dalam industri hospitality business. Maka dari itu, industri food and beverages seperti kafe bahkan haruslah mengedepankan hospitality dan service yang tinggi.

Coba bayangkan, ketika kamu masuk ke dalam sebuah kafe, mana yang lebih bikin betah: disapa dengan senyum manis atau dicuekin saja oleh para waiter dan barista-nya?

Hospitality sudah sepatutnya ditonjolkan sejak pertama kali sang customer melangkahkan kakinya ke dalam cafe sampai sang customer meninggalkan cafe dengan rasa puas.

Ya, keramah-tamahan itu malah wajib termasuk dalam menghadapi komplain dari pengunjung mengenai apapun mulai dari kebersihan sampai kualitas produk yang diberi tahu. Kadang-kadang seorang customer akan tetap merasa dihargai apabila komplain mereka terhadap mutu sajian yang kurang bagus didengar dan diberi complimentary.

Keramah-tamahan (hospitality) memang tak jarang dilupakan dengan menganggap peningkatan mutu produk adalah yang paling penting. Tapi, apakah hal ini 100% benar?
keramah-tamahan bahkan dapat sedikit menutupi kekurangan di bidang lainnya, lho!

2. Loyalty, Promo, dan Events Berkelanjutan



Siapa yang tak suka dengan yang namanya promo?

Mulai dari promo diskon seasonal hingga program loyality, seandainya dilaksanakan dengan telaten dan berkelanjutan, pasti akan meningkatkan jumlah return customer.

Mari kita ambil teladan dari salah satu gerai retail resto ternama yang hampir ada di tiap pusat perbelanjaan, Starbucks. Dengan penjualan merchandise berupa tumblr, para pelanggan setia mereka akan mendapatkan potongan harga 50% pada satu hari khusus tiap-tiap bulannya dengan membawa tumblr yang dibeli di gerai Starbucks.

Coba kita pikirkan bersama, sistem yang dikerjakan gerai hal yang demikian selain meningkatkan jumlah pengunjung loyal (setidaknya membludak sebulan sekali) juga meningkatkan sales bagus dari minuman ataupun merchandise. Strategi yang menarik, bukan?

3. Kabar Produk Cermat




Dengan kian banyaknya resto yang bermunculan baru-baru ini ini, tentu semakin banyak juga menu-menu spesial yang bermunculan yang ditonjolkan dari masing-masing kafe hal yang demikian.

Pernahkah dikala kau masuk ke sebuah restoran dan ketika memperhatikan menu, kamu menemukan bermacam nama-nama menu yang asing dan aneh yang menjadi specialty dari restoran hal yang demikian?

Mulai dari minuman seasonal dengan nama fancy seperti “chocolate manggo funny juice” hingga minuman kopi klasik bernama “piccolo” yang saking klasiknya kau mungkin belum pernah mendengar macam minuman itu sebelumnya.

Di sinilah peranan staff untuk memberikan informasi produk yang ideal amat dibutuhkan. Untuk memberikan info produk yang pas sasaran malahan merupakan salah satu aspek hospitality yang paling penting.

Coba kamu bayangkan, dikala kamu bertanya kepada staff yang sedang berjaga, “Chocolate manggo funny juice tuh isinya apa saja ya, kak?” dan reaksi yang kamu bisa cuman, “Eh? Estetika ya?”

4. Berharap Penyajian



Siapa yang tidak menyukai memperhatikan sebuah latte art yang bagus dan amat instagramable di gelas kopi mereka?

Penyajian makanan dan minuman yang rapi pun ialah aspek yang penting dalam meningkatkan dan menjaga jumlah customer di sebuah restoran konsisten ramai.

Sekali lagi coba bayangkan, saat kau duduk di sebuah restoran dan mengorder segelas cappucino, yang dikenalkan di hadapan kamu adalah segelas kopi susu yang acak-acakan tanpa skor keindahan sama sekali. Ingin kah kamu kembali ke kafe itu?

Kwalitas itu, dengan penyajian yang menarik, produk restoran-mu dapat menjadi viral di media sosial yang tak secara lantas akan berpengaruh positif pada popularitas kafe!

5. Baik Produk dan Kebersihan





Kebersihan dari sebuah cafe tentu menambahkan poin tambah bagi nuansa yang ditawarkan, terutama meja dan kursi cafe terutama yang model modern, alat penyajian, juga ruangan cafe. Tapi kafe dengan konsep victorian hingga industrial, apabila meja dan lantainya kumal pasti akan amat mengurangi kenyamanan bagi pengunjungnya.

Kamu, kafe yang bersih dari luar juga haruslah bersih dari dalam. Kebersihan dapur dan meja bar juga menjadi nilai penting yang membuat pengunjung merasa aman dalam mengkonsumsi produk yang ditawarkan.

Bayangkan, dikala kau masuk ke sebuah restoran dan mengorder seporsi croissant untuk memandu secangkir kopi, namun ternyata rasa croissant hal yang demikian telah basi. Kamu pasti akan berdaya upaya dua kali untuk kembali ke cafe hal yang demikian walaupun tempatnya amat nyaman dan enak.

Sudahkah kamu bisa ilustrasi hal-hal apa saja yang perlu kau tonjolkan dalam memulai bisnis kafe kamu sendiri?

Apakah kau akan menampilkan di desain cafe yang bernuansa nyaman, mutu produk yang tinggi, hospitality dan service, menggencarkan promosi, atau bahkan kamu akan memanfaatkan seluruh aspek itu sebaik mungkin?  jangan lupakan bahwa semua aspek ini amat penting dan jangan sampai terlewatkan satupun, ya.

Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makan Bersama Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak, Berikut Alasannya

Tips Singkat Menata Ruang Makanmu Yang Minimalis.